MATROKHIM,S.Pd

Nama : MATROKHIM.Tugas sekarang: SD NEGERI 2 ROGOJAMPI.NO.HP:081249979826.Email: [email protected]. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SOAL-SOAL TEMATIK KELAS IV BER-KD DAN KUNCINYA BAG.7

SOAL-SOAL TEMATIK KELAS IV BER-KD DAN KUNCINYA BAG.7

SOAL SOAL TEMA 1

(Indahnya Kebersamaan ,Kebersamaan dalam Keberagaman ,Pembelajaran 1)

BI3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

Bekerja Sama dalam Keberagaman

Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.

 

1.      Apa gagasan pokok paragraf 1 dari bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

2.      Apa gagasan pendukung paragraf 1 dari bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

3.      Apa gagasan pokok paragraf 2 dari bacaan bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

4.      Apa gagasan pendukung paragraf 2 dari bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

5.      Apa gagasan pokok paragraf 3 dari bacaan bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

6.      Apa gagasan pendukung paragraf 3 dari bacaan “Bekerja Sama dalam Keberagaman” BS Tema 1 Halaman 75?

7.      Tulislah apa apa yang harus ditulis dalam laporan kegiatan percobaan !

 

IPA 3.6 menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran,

1.      Apa yang dinamakan sumber bunyi?

2.      Berasal darimana segala macam bentuk bunyi?  

3.      Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?

4.      Bagaimana telinga merasakan getaran?

5.      Benda benda yang dapat menyerap bunyi adalah………..

6.      Sebutkan bagian bagian telinga!

IPS 3.2 mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan  karakteristik ruang,

1.      APA NAMA pakaian adat dari Maluku?

2.      Apa nama alat music dari Maluku?

3.      Alat music ceng-ceng berasal dari….

4.      Apa nama pakaian adat wanita Toraja?

5.      Apa nama pakaian adat laki-laki Toraja?  

6.      APA NAMA alat music dari Toraja?

7.      Apa yang merupakan wujud dari semangat persatuan dan kesatuan?

8.      Berasal darimana lagu bungong jeumpa?

9.      Apa alat music trasidional suku Minang?  

10.  Apa nama legendha terkenal suku Minang?

 

 

KUNCI

BI 3.1

1.      Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi.

2.                  .

1.      Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya

2.      Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

3.      Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.

4.      Udin dan Beni membawa benang kasur.

5.      Mereka berkumpul di halaman depan rumah.

6.      Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan

3.      Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

4.      .

1.      Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan

2.      Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat.

3.      Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah.

4.      Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat.

5.      Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.

6.      Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah

5.      Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.

6.      .

1.      Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja

2.      Semuanya ikut bagian dalam percobaan.

3.      Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang,

4.      Udin datang membawakan gunting.

5.      Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng,

6.      Siti ikut membantu.

7.      Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.

8.      Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.

7.      Nama Percobaan, Tujuan Percobaan, Alat dan Bahan, Langkah Kerja, Hasil Percobaan, Kesimpulan

IPA3.6

 

1.      Semua benda yang dapat menghasilkan bunyi.

2.      Benda yang bergetar

3.      Padat,cair,gas 

4.      Semua bunyi membuat udara bergetar.Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis.Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

5.      Karpet, goni , kertas,  kain , busa , wol

6.      Bagian telinga

a.       Telinga luar(daun telinga,liang/saluran telinga)

b.      Telinga tengah  :1membrane timpani/gendang telinga   2.rongga timpani terdiri 3 buah tulang pendengaran: martil,landasan,sanggurdi   dan otot pendengaran

c.       Telinga bagian dalam: 1. koklea berbentuk spiral(rumah siput)  2. Ruang koklea 3.organ korti

IPS3.2

1.      Baju lele

2.      Tifa

3.      Bali 

4.      Baju Pokko 

5.      Seppa talung buku

6.       Papompang

7.      Menghargai perbedaan

8.      NAD

9.      Talempong

 

10.  Malin kundang

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post